Analisis Koperasi Swadharma
Dalam rangka penyelesaian tugas ke-tiga mata kuliah Ekonomi Koperasi dengan muatan Softskill.
Abstrak
Penganalisaan ini dilakukan dengan menganalisa sebuah
koperasi yaitu Koperasi Swadharma. Analisis ini bertujuan untuk memberikan
informasi tentang Koperasi Swadharma sebagai koperasi yang berhasil meraih
peringkat 29 dari 100 koperasi dalam khazanah perkoperasian dalam kurun waktu
yang relatif singkat dari pendirian Koperasi Swadharma.
Menurut hasil analisis yang saya peroleh adalah Koperasi
Swadharma merupakan koperasi pegawai PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Dimana anggotanya merupakan pegawai aktif dan pensiunan BNI, Pegawai Dana
Pensiun BNI, Pegawai Yayasan Danar Dana Swadharma, Pegawai
perusahaan-perusahaan anak dan pegawai organisasi-organisasi sosial di
lingkungan BNI.
Koperasi Swadharma merupakan koperasi simpan pinjam yang
berhasil mensejahterakan anggotanya maupun masyarakat umum, produk - produk
yang ada pada Koperasi Swadharma yang terdiri dari jasa keuangan maupun usaha
yang lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan usahanya Koperasi Swadharma
memiliki tekad untuk mewujudkan usaha yang dapat memberikan keuntungan dan
kesejahteraan yang optimal bagi anggota dengan cara profesional, dan konsisten
menjalankan kegiatannya berdasarkan prinsip, fungsi, dan nilai-nilai koperasi
lainnya serta pola manajemennya sesuai dengan azas koperasi yang sehat.
SEJARAH KOPERASI SWADHARMA
Koperasi Swadharma didirikan pada tanggal
30 Juli 1968 dan mendapat pengesahan sebagai badan hukum tanggal 10 Desember
1968. Semula bernama Koperasi Serba Usaha Bank Negara Indonesia (KOSERU), mulai
tahun 2005 menjadi Koperasi Pegawai Swadharma disingkat Koperasi Swadharma. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang disyahkan oleh Kementrian
Koperasi danUKM No. 47/Lap-PAD/II/2012 tanggal 02 Februari 2012.
VISI DAN MISI
Visi, Misi dan Moto Koperasi Swadharma, yaitu:
a) VISI : Menjadikan Koperasi
Swadharma sebagai Koperasi Kebanggaan anggota yang dapat memberikan
kesejahteraan bagi anggota dan masyarakat
b) MISI : Memaksimalkan kepuasan "stakeholder" melalui peningkatan
pelayanan dan SHU.
c) MOTO : “Peduli Pada Anggota”, artinya Koperasi Swadharma senantiasa memperhatikan
dan berusaha dapat memenuhi kepentingan anggotanya.
LANDASAN OPERASIONAL DAN LEGALITAS
1. Landasan operasional Anggaran
Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang disyahkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM
No. 47/Lap-PAD/II/2012 tanggal 02 Pebruari 2012.
2. Akta
Pendirian Koperasi No. 768/B.H./I tanggal 10 Desember 1968. Tanda Daftar Perusahaan Koperasi No.
09.03.2046.00999 berlaku sampai dengan 20 Oktober 2019.
3. Surat
Izin Usaha Perdagangan – Besar No. 03831-04/PB/P/1.824.271 berlaku sampai
dengan 19 September 2018.
4. Surat
Keterangan Domisili Koperasi No.
1436/27.1.1/31.74.01.1003/1.824/2015 sampai dengan 02 November 2016
5.
Surat
Keterangan Terdaftar Pajak No. PEM-00008/WPJ.06/KP.1203/2008
6.
Nomor
Pokok Wajib Pajak (NPWP) No. 01.306.082.7-073.000
Alamat : Sejak Desember 2007,
beralamatkan di Jalan
DR. Saharjo No.204 Tebet - Jakarta Selatan 12870 No.Telp 021-8312628, No.Fax
021-8312637.
KEANGGOTAAN
Banyak Keunggulan / manfaat yang diperoleh dengan menjadi anggota koperasi
swadharma antara lain dapat melakukan simpan / pinjam dan akhirnya dapat meningkatkan
pendapatan Sisa Hasil Usaha (SHU). Persyaratan untuk menjadi anggota Koperasi
Swadharma antara lain :
1. Mengisi formulir
permohonan menjadi anggota.
2. Surat Kuasa mendebet
rekening gaji untuk iuran / simpanan wajib.
3. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk).
4. Fotocopy NPP.
5. Nomor rekening Gaji
6. Nomor rekening non- Gaji
7. Setuju membayar Simpanan dengan rincian sebagai berikut :
a. Simpanan pokok Rp.50.000,- disetor 1(satu) kali
b. Simpanan wajib Rp.50.000,- (Pensiunan BNI) / Rp.100.000,- (Pegawai Aktif) disetor setiap bulan secara reguler.
c. biaya administrasi pendaftaran Rp.5.000,-
8. Disetor langsung ke rekening Koperasi Swadharma yang terdaftar di Bank BNI
cabang Tebet No.140223233 dengan menyebutkan Nama, NPP dan Unit Kerja.
cabang Tebet No.140223233 dengan menyebutkan Nama, NPP dan Unit Kerja.
BIDANG USAHA KOPERASI SWADHARMA
Produk dan jasa
yang disediakan oleh Koperasi Swadharma, yaitu:
1. Usaha Simpanan
Usaha Simpanan terdiri dari beberapa jenis simpanan yaitu
:
a) SISWA (Simpanan Swadharma). SISWA adalah tabungan
yang boleh diikuti oleh anggota Koperasi Swadharma atau institusi yang sudah
menjalin kerjasama dengan Koperasi Swadharma, dan penarikannya dapat dilakukan
setiap saat maksimum tiga kali dalam sebulan.
b) SISKA (Simpanan Swadharma Berjangka). SISKA adalah bentuk simpanan yang boleh diikuti
oleh anggota dan institusi yang sudah bekerja sama dengan Koperasi Swadharma
dan yang penarikannya dilakukan sesuai perjanjian yang disepakati bersama
antara pemilik dana dengan Koperasi Swadharma.
2. Usaha Pinjaman
Pinjaman
hanya diberikan kepada anggota yang terdiri dari pegawai
aktif BNI, pensiunan BNI dan pegawai perusahaan anak BNI. Usaha pinjaman terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
a) Pinjaman Biasa, yang
diangsur dari gaji rutin setiap bulannya sampai dengan pinjaman lunas.
b) Pinjaman Insidentil dan “C3”(cash collateral credit), yang dilunaskan sekaligus dari penerimaan
bonus / OPCT / OPCB / manfaat pensiun / manfaat pensiun habis, sebagai
underlying dana pelunasan.
3. Usaha Persewaan
Penunjang
kebutuhan operasional suatu perusahaan adalah kendaraan bermotor, perlengkapan
kantor, dll. Jenis persewaan yang sekarang ditawarkan adalah persewaan mobil,
sepeda motor, mesin fotocopy, peralatan kantor, passbook printer Epson, AC
(standing/split), TV, monitor PC, dan laptop, dengan harga yang kompetitif dan
layanan yang professional.
4. Usaha Perdagangan dan
Jasa
Bidang usaha ini dikembangkan
dengan adanya toko swalayan “S-Mart” (Swadharma Mart) yang
dibuka pada tanggal 11 November 2009 dan diresmikan pada tanggal 17 November
2009 oleh dinas koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta.
S-Mart menjual 9
(sembilan) kebutuhan bahan pokok dan lain – lain yang harganya cukup bersaing, serta menyediakan barang berlogo Bank BNI,
seperti baju kaos Polo shirt dan oblong, jam dinding, handuk, payung, topi,
mug, tumbler, gantungan TPP, asbak, dan lain lain, dengan layanan antar untuk
area luar Jabodetabek.
5. Investasi/Penyertaan Modal
Dalam rangka perluasan usaha
untuk meningkatkan pendapatan usahanya,
Koperasi Swadharma merambah bisnis dalam bentuk penyertaan modal pada
perusahaan anak, seperti PT. Persona Prima Utama (PPU), PT. Titipan Express
Utama (Tema), PT. Swadharma Sarana Informatika (SSI), PT. Swadharma Propertindo
(SPT), dan beberapa BPR.
6. Usaha lainnya, antara lain :
· Jasa Pembayaran Tagihan Telpon
· Jasa Pembayaran Tagihan Listrik
· Jasa Pembelian Tiket Kereta Api
& Pesawat
PERKEMBANGAN USAHA
Proses pemasaran Koperasi Swadharma dipasarkan kepada
pegawai Bank BNI, Pegawai
Dana Pensiun BNI, Pegawai yayasan kesejahteraan pegawai BNI, pegawai perusahaan
– perusahaan anak dan pegawai organisasi – organisasi sosial dilingkungan BNI.
Sejak
berdirinya Koperasi Swadharma tanggal 10 Desember 1968 sampai dengan saat ini,
Koperasi Swadharma telah ikut melangkah dalam khazanah perkoperasian di
Indonesia. Dalam Buku 100 Koperasi Besar Indonesia, terbitan tahun 2015, secara
umum Koperasi Swadharma berada pada peringkat 37, untuk kategori Koperasi
Karyawan, berada pada urutan 8, sedangkan berdasarkan kontribusi area Jakarta,
berada pada urutan 6. Kemampuan untuk tetap bertahan dalam usaha ini tidak
lepas dari ketangguhan, kehandalan serta kesungguhan seluruh jajaran Pengurus,
Pengawas, segenap pegawai dan partisipasi aktif pegawai BNI, serta pensiunan
dan perusahaan anak BNI.
LAPORAN KEUANGAN
KOPERASI SWADHARMA
Banyak keunggulan / manfaat yang
diperoleh dengan menjadi anggota koperasi swadharma antara lain dapat melakukan simpan /
pinjam dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan sisa hasil usaha (SHU). Berikut neraca dan hasil SHU koperasi swadharma pada
tahun .
Sumber :
Koperasi Swadharma (2019) Tentang kami [Online]. Available
from: http://koperasi-swadharma.com/aboutus.php [Accesed 19 November 2019]
Koperasi Swadharma (2015) Company Profile Koperasi Swadharma [Electronic Book].
Available from: http://koperasi-swadharma.com/docs/company_profile2015.pdf [Accesed 19 November 2019]