Rabu, 28 November 2018

Rencana Bisnis Toko Sepatu LUFFY



Bab I
Latar Belakang

Sepatu bisa dibilang merupakan alas kaki yang popular saat ini. Mengapa banyak orang yang memilih bisnis sepatu? Hal ini karena alas kaki tersebut merupakan kebutuhan utama manusia, dimana manusia memerlukan sepatu untuk beraktifitas sehari-hari seperti untuk kegiatan olahraga, jalan-jalan, rekreasi, bepergian, hingga pergi ke kantor. Pendek kata, dengan rasa ketertarikan terhadap sepatu yang besar sedari dulu, membuat saya mempunyai impian untuk mempunyai usaha berjualan sepatu, tetapi karena keterbatasan dalam modal memproduksi sepatu saya memulai dengan menjadi reseller. Alasan lainnya adalah karena daya beli terhadap sepatu masih sangat tinggi, karena setiap orang sedikitnya pasti membeli satu pasang sepatu baru setiap tahun.

BAB II
Isi Business Plan

1. 1 Visi & Misi Usaha

Visi
Mengenalkan Luffy sebagai brand sepatu yang terjangkau dan menjaga kualitas produk demi para konsumen serta ingin menjadi wirausahawan yang mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dan juga dapat mengembangkan usahanya dengan baik di dalam negeri
       
Misi
Mengembangkan suatu usaha yang sudah ada dengan mengenalkan produk sepatu berkualitas dari Indonesia dilingkup nasional maupun internasional.

1.2 Identifikasi Usaha

Nama Usaha   : Luffy Shoes
Produk       : Sepatu
Nama Pemilik  : Ratna Purnamasari
Alamat       : Jl. Gegerkalong Hilir No. 20 Bandung
No telp Usaha  : 0896824XXXXX
Instagram       : Luffyshoes

1.3 Ruang Lingkup Usaha

Ruang lingkup usaha yang akan saya rintis ini dimulai dari satu toko saja, dengan memasok sepatu dari tempat produksi sepatu berkualitas di Indonesia, salah satunya berlokasi di Cibaduyut, Bandung. Keuntungan bisnis sepatu selain pasar yang sangat luas dan banyak pilihan produsen, usaha ini juga dapat dijalankan sebagai bisnis kecil-kecilan dengan modal minim bahkan nol. Kami cukup berbekal katalog atau brosur yang diberikan pabrik usaha pembuatan sepatu yang kemudian diedarkan kesejumlah teman dan lingkungan terdekat. Jika ada orang yang memesan sepatu maka kita bisa menghubungi pihak pabrik untuk menanyakan kesediaan stok barang tersebut. Uang muka dari pembelian sepatu bisa anda ambil sebagai keuntungan. 

Tujuan usaha :
1.    Mendapatkan penghasilan
2.    Memenuhi kebutuhan konsumen
3.    Menggali bakat dalam berbisnis
4.    Menyalurkan sebuah hobi dan impian

1.3. Rencana Organisasi

Dalam perekrutan tenaga kerja saya menggunakan tenaga kerja yang dibayar perbulan. Saya merekrut 2 pria maupun wanita yang akan menjadi pramuniaga dan kasir, bertugas untuk melayani pelanggan, cekatan, dan sopan dalam berhubungan dengan orang lain. 1 orang wanita sebagai admin online, bertugas untuk melayani pemesanan via online melalui website, Instagram, facebook, twitter, bukalapak dan lain-lain. 1 orang pria sebagai pengirim sepatu ke kurir JNE untuk dikirimkan ke pelanggan dan mengambil sepatu yang akan dijual dari produsen. Semua karyawan dengan tingkat Pendidikan MIN Sekolah Menengah Atas.

Seseorang yang cocok untuk menempati posisi-posisi ini adalah seseorang yang memiliki karakter Conscientiousness (sifat berhati-hati), Agreeableness (mudah bersepakat), Emotional stability (emosi yang stabil), Openness (terbuka pada hal baru), dan Extraversion (mudah bersosialisasi).

BAB II
Pemasaran

2.1 Target Pasar
Target pasar kami anak muda umur 19 umur 35 tahun. Karena untuk marketing digital biasanya umur itu yang fasih banget sama internet. Tapi ke depan akan ada banyak pengembangan  dan mengikuti tren juga.

2.2 Analisis 4P
1. Product
Bisnis yang akan kami dirikan bernama  “Luffy Shoes”  bisnis ini bergerak dibidang penjualan sepatu, khususnya sepatu wanita. Luffy shoes akan diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2020 berlokasi di Jl. Gegerkalong Hilir No. 20, Bandung.

2. Price
        Price List : Rp. 150.000 – 700.000/pasang

   3. Promotion
    Promosi yang akan dilakukan dengan berbagai yaitu :

·     Media Offline : Brosur, banner, stiker, spanduk, dan promosi dari mulut ke mulut melalui keluarga, teman, dan lingkungan terdekat.
·        Media Online : yang gratis misalnya beriklan di bukalapk, toped, olx, dan lain-lain. Membuat blog toko online, share di grup FB, twitter, fanspage, Instagram, dan berbagai media gratis lainnya. Atau ikut jasa periklanan dari Google, facebook, SEO, yang tentunya akan menghemat waktu dan meningkatkan jumlah promo dalam waktu yang singkat. 
   Jika sudah melakukan semua persiapan dan promosi, saya yakin dalam waktu singkat toko sepatu saya akan mulai dikenal, yah paling tidak satu dua orang akan mulai menanyakan harganya, jenisnya, kualitas dan tinggal tunggu pembeli datang ke toko.

4. Place
Luffy Shoes berlokasi Jl. Gegerkalong Hilir No. 20, Bandung dimana di daerah dekat dengan kampus, terdapat banyak toko-toko pakaian yang relative baik dan terkenal. Tapi jika ada pesanan dari luar kota, tidak perlu kuatir karena kami memiliki pelayanan pengiriman.

2.3 Analisis Persaingan Usaha
SWOT :
·         Strength
Kekuatan dari produk yang kita buat terletak pada bahan baku yang berkualitas, desain yang menarik, produknya awet, kenyamanan bertransaksi, kemudahan akses bisnis, dan pelayanan yang ramah.

·         Weaknesess
      Tidak dapat dipungkiri persaingan bisnis sepatu terbilang sangat sengit, untuk mengantisipasi hal ini kami bisa mendesain sepatu yang menarik dan unik dan memberikan pelayanan yang maksimal.

·         Opportunity
Produk yang berkualitas pasti mempunyai kesempatan untuk berkembang. Oleh sebab itu, perlu melakukan beberapa strategi agar bisnis sepatu laris-manis dan sukses. Salah satu kiat sukses menjalankan bisnis sepatu adalah sesuai passion kita. Cara sukses bisnis sepatu berikutnya adalah memaksimalkan penjualan secara online.

·         Threat
Suatu perencanaan dapat terhambat apabila tujuan yang tidak tepat, mengambil keputusan harga yang tidak melihat aspek bahan baku, dan tidak bisa menjaga kebersihan di toko tersebut.

Bab III
Analisis Usaha

3.1   Analisis Usaha
          Bisnis penjualan sepatu lumayan menguntungkan karena usaha ini bisa dikombinasikan dengan usaha sejenis seperti berjualan sandal, tas, dan lain-lain. Sehingga keuntungan bisa berasal dari banyak sumber. Cara memulai usaha sepatu ada dua cara yaitu menggunakan sistem online maupun secara fisik. Langkah pertama adalah mencari pemasok atau pabrik pembuatan sepatu, bisa mendapatkannya disentra pembuatan sepatu di Cibaduyut Bandung. Setelah mendapatkan tawaran kerjasama, maka kita dapat memulai menjalankan usaha sepatu baik sebagai reseller maupun dropshipper.

3.2   Prospek Usaha
Untuk dapat menarik perhatian anak muda kami ada tiga hal, satu dari sisi desain, kami selalu berusaha desainnya itu timeless. Maksudnya timeless itu, jadi kalau dipakai sekarang sampai 10 tahun kedepan masih bisa dipakai, masih bisa dibilang bagus, desain yang tak lekang oleh waktu. Selanjutnya dari sisi servis, kami selalu mendengarkan feedback konsumen setiap hari, dan selalu investasi dilayanan costumer.

BAB IV
Manajemen Produksi

Target produksi kami dalam jangka 1 hari sebesar 50 pasang sepatu terjual.

4.1  Bahan Baku Produk

 1.     Bahan sepatu kulit asli, seperti finish leather, pull up leather, nubuck leather
  2.  Bahan sepatu kulit sintesis, seperti material PVC, material PU, bahan sepatu kanvas, bahan sepatu denim, dan bahan sepatu karet.

   4.Jenis Produk
    Toko kami menyediakan lebih dari 20 jenis sepatu untuk wanita, seperti Sneakers, High heels, Flat shoes, Kitty heels, T Bar Shoes, Angkle Strap Shoes, Mules, Mocassin, Loafers, Platfrom, Wedges dan lainnya.

BAB V
Perencanaan Modal

Modal Investasi awal
Biaya Modal Reseller              :  Rp. 10.000.000
Biaya Peralatan (Rak Sepatu, meja, dll) :  Rp. 20.000.000
Biaya promosi                   :  Rp.   300.000
Biaya pembuatan website             :   Rp.  1.000.000
Motor bekas                    :  Rp.  6.000.000
Total                                  : Rp. 37.300.000

Biaya Tetap
Biaya sewa perbulan               :  Rp. 3.000.000
Biaya listrik, dan air perbulan        :  Rp.  500.000
Biaya Telepon                   :  Rp.   300.000
Gaji karyawan (4xRp.1.000.000)     :  Rp.  4.000.000
Total                                  :  Rp. 7.800.000 
Total Biaya Produksi                   :  Rp. 45.100.000

BAB VI
Resiko dan Antisipasi

6.1  Resiko dalam usaha
1.  Harga bahan baku yang selalu naik dan turun
2.  Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
3.  Tidak tercapainya target
4.  Keterlambatan pasokan

6.2  Antisipasi dalam usaha
1.  Bekerja sama dengan produsen yang terpercaya
2.  Buat suasana nyaman, bersih, dan bersikap baik bagi konsumen
3.  Perbanyak pengetahuan untuk berinovasi
4.  Bergabung dengan komunitas bisnis
4.  Setiap hari di lakukannya penulisan data penjualan


BAB VII
Akuntansi dan Arus kas

Pengetahuan saya tentang akuntansi adalah membuat laporan keuangan untuk Toko Sepatu Luffy sebagai bahan Analisa hasil keuntungan yang diperoleh dalam usaha tersebut. Saya berencana menggunakan perangkat lunak akuntansi zahir, dan akan membuka rekening baru untuk menyimpan catatan keuangan Toko Sepatu Luffy, agar terpisah dari rekening pribadi saya.


Persoalan pajak, saya akan meminta bantuan dari teman saya, yang akan membantu saya menyiapkan catatan untuk pembayaran pajak. Mengenai rekonsiliasi rekening bank, rekening bank akan direkonsiliasi setiap bulan. Untuk laporan keuangan akan dibuat enam bulan pertama dan satu tahun
 
Kesimpulan
Pada hakikatnya, berbisnis diperlukan keyakinan dan kesabaran dalam membangun rasa kepercayaan konsumen. Jika brand dari bisnis kita sudah dipercaya oleh pelanggan, tentu hal ini akan memudahkan kita meningkatkan penjualan. Kepercayaan terbangun dari proses bisnis beserta seluruh aktifitasnya yaitu menjaga tanggung jawab sosial kepada konsumen dengan selalu menjaga mutu, kualitas produk, pelayanan dan juga menjaga ketepatan dalam pengiriman produk.


Nama : Ratna Purnamasari
NPM : 25218916
Kela: 1EB14